Pihak damkar memastikan kebakaran di Mal Pejaten Village, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, berasal dari ruang panel kontrol di lantai 1. Ruang panel kontrol itu berisi kabel dan instalasi listrik.

“Awalnya di lantai satu, jadi di lantai satu yang terbakar di ruang panel kontrol, karena yang terbakar itu ruangan kabel, ” kata Kasektor IX Pasar Minggu Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan, M. Arief, di lokasi, Selasa (13/11).

Arief menduga kebakaran ini terjadi karena korsleting listrik. Kendati demikian, pihaknya masih menunggu hasil dari puslabfor terkait penyebab pasti dari kebakaran ini.

“Dugaan sementara dari korsleting listrik, nanti untuk pastinya puslabfor pastinya yang bisa memastikan dari mana sebabnya,”

Akibat kebaran tersebut, asap tebal muncul di seluruh lantai Mal Pejaten Village. Menurut Arief, asap tebal ini yang sulit untuk dikeluarkan dari dalam gedung. Namun, Arief memastikan kebakaran langsung dapat dipadamkan dengan mudah oleh petugas damkar.

“Jadi dari lantai 1 sampai lantai 4 nyambung, jadi asapnya keluar di semua lantai. Jadi kebakaran enggak hebat ini, kebakaran hanya kecil,”

Asap tebal mulai terlihat di dalam gedung Mal Pejaten Village sejak pukul 20.30 WIB. Sementara, api padam sekitar pukul 21.20 WIB. Empat mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Beruntung, dalam kejadian ini tak ada korban jiwa.

IG : @jastvnet
FB : jastvnet