Empat pekerja PT Istaka Karya selamat dari kejaran dan serangan penembakan yang dilakukan oleh KKSB Papua. Mereka rupanya sempat berpura-pura mati lalu kabur menjauh dari kejaran mereka.

Kapendam Cenderawasih Kolonel Inf M Aidi menjelaskan, penembakan terjadi di Bukit Kabo yang lokasinya tak jauh dari sungai tempat mereka membangun jembatan. Di bukit itu, KKSB menari sambil menembaki korban secara acak dan tak terarah.

Akibat penembakan itu, pekerja PT Istaka Karya yang diperkirakan berjumlah 12 orang itu sebagian tewas di tempat. Sedangkan, sebagian lagi selamat.

“Sebagian pekerja tewas di tempat. Sebagian lagi pura-pura mati. Mereka pura-pura mati sampai tak bergerak,”

Setelah menembak para pekerja secara membabi buta, mereka naik ke puncak bukit. Pekerja yang pura-pura mati lalu bangkit saat keadaan sudah aman.

“Ada 11 pekerja yang lari dari bukit menuju ke Mbua,”

Tapi, pergerakan mereka diketahui oleh KKSB dan terjadi pengejaran. 5 orang pekerja ditangkap dan dibunuh di tempat.

“6 orang lainnya selamat dan melanjutkan perjalanan dari Yigi ke Mbua. Itu jaraknya 10 km, kalau jalan biasa tanpa tekanan bisa 10 jam,”

Saat perjalanan, 2 pekerja terpisah dari rombongan. Sedangkan, 4 orang lainnya melanjutkan perjalanan hingga ke Pos Yonif 755/Yalet.

Mereka lalu dievakuasi menggunakan helikopter MI-17 menuju ke Wamena untuk menjalani perawatan. 3 pekerja mengalami luka tembak.

IG : @jastvnet
FB : jastvnet