Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) memprediksi pemudik membutuhkan waktu sekitar tujuh hingga delapan jam dari Jakarta sampai ke Surabaya jika melewati tol, baik operasional dan fungsional.

Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna mengungkapkan tol Jakarta-Surabaya memiliki total panjang 759 kilometer. Ruas tol itu terbagi antara tol operasional seluas 524 km dan fungsional 235 km.

Jalan tol fungsional Jakarta-Surabaya ini terdiri dari tol Jakarta-Cikampek sepanjang 73 kilometer, tol Cikopo-Palimanan sepanjang 116 kilometer, tol Palimanan-Kanci sepanjang 26 kilometer.

Lanjut dari Kanci, ada tol Kanci-Pejagan 35 kilometer, tol Pejagan-Pemalang 57 kilometer, Pemalang-Batang 39 kilometer, Batang-Semarang 74 kilometer, Semarang-Solo 32 kilometer, Sragen-Ngawi 55 kilometer, Wilangan-Kertosono 37 kilometer.

Selain itu, kecepatan mobil di tol fungsional juga kurang lebih sama dengan mengendarai mobil di jalan non tol. Bedanya, pengemudi bisa lebih konsisten dengan kecepatan 40 km per jam bila melewati jalan bebas hambatan, sedangkan di jalan non tol biasanya akan terhambat oleh lampu merah atau jumlah volume mobil dan motor.

Ia menambahkan, total tarif tol Jakarta-Surabaya sebesar Rp344 ribu untuk satu kali jalan. Sehingga, pengemudi yang hendak ke Surabaya bisa mempersiapkan kartu e-Toll dengan mengisi saldo sesuai kebutuhan tarif.

IG : @jastvnet
FB : jastvnet