Hari sudah malam dan waktunya tidur, tapi teman-teman tidak bisa tidur, padahal sudah berbaring di tempat tidur sangat lama.

Berbeda dengan kakak yang baru sebentar berbaring di tempat tidur tapi sudah langsung tertidur.

Kenapa, ya, kita sulit tertidur, sedangkan orang lain bisa sangat mudah tertidur?

Dalam waktu tersebut, kita akan banyak menguap, nih teman-teman, dan penyebabnya adalah sebuah zat di dalam otak yang bernama adenosine.

Adenosine adalah zat penting yang ada di setiap sel tubuh kita, yang berfungsi untuk memperlambat denyut jantung dan menormalkan irama detak jantung.

Selain itu, adenosine juga bertugas untuk memberikan sinyal ke otak kalau kita sudah mengantuk dan membuat kita tertidur.

Produksi adenosine ini akan semakin banyak kalau kita melakukan banyak aktivitas juga
Nah, cepat atau tidaknya kita mengantuk ini juga dipengaruhi oleh beberapa hal, lo.

Kebiasaan tidur, pola makan, aktivitas, olahraga yang dilakukan, dan juga usia dapat memengaruhi apakah kita bisa langsung tidur setelah berbaring di tempat tidur atau tidak.

Tapi ada juga, lo, orang yang sulit untuk tidur walaupun sudah sangat lelah, dan ada juga yang tetap mengantuk walaupun sudah tidur untuk waktu yang lama.

Selain dipengaruhi oleh zat adenosine, di dalam otak kita juga ada ‘jam’ yang mengatur kapan waktunya kita tidur dan kapan waktunya kita bangun.

Jam ini dipengaruhi oleh cahaya yang masuk ke mata kita, dan inilah yang menyebabkan setiap orang memiliki jam tidur yang berbeda-beda, teman-teman.

IG : @jastvnet
FB : jastvnet