Para pecinta komik, khususnya Marvel tengah berduka. Pasalnya, pada tanggal 12 November 2018 kemarin, penulis komik yang juga merupakan kreator para superhero Marvel Comics yakni Stan Lee, meninggal dunia.

Menjadi seorang yang sukses di bidangnya, tentu saja pria yang kerap disebut sebagai “Bapak pahlawan super” ini, juga pernah mengalami banyak pengalaman, manis maupun pahit.

Nah, buat kamu yang tengah merintis karir sebagai penulis, 5 kalimat bijak dari Stan Lee berikut, mungkin dapat kamu jadikan pemacu semangat untuk terus berjuang dalam berkarya.

1. When I’m really at an impasse, I’ll stop and say to myself “Come on you jerk. It’s just words and paper”

Dalam proses menulis sebuah cerita, gak jarang kamu mengalami masa buntu ide. Sudah tinggal masuk ke ending, eh tiba-tiba pikiran mampet di tengah jalan.

Kalau kata Stan Lee, jangan stres dulu. Ketika kesulitan itu datang, tetaplah tenang. Buka mata dan sadarlah yang ada di hadapanmu tak lebih dari kata-kata dan kertas. Buat simple saja dan lanjutkan kembali tulisanmu. Baik buruk hasilnya nanti, bisa dikoreksi belakangan.

2. To me, writing is fun. It doesn’t matter what you’re writing, as long as you can tell a story

Langkah awal yang wajib ditempuh untuk memulai profesi sebagai penulis adalah menganggap pekerjaan menulis itu menyenangkan. Tak usah terlalu tertekan dengan target tulisanmu harus langsung bagus.

3. The only advice, anybody can give is, if you wanna be a writer, keep writing. And read all you can, reading everything

Apa sih yang harus dilakukan agar bisa menjadi penulis? Mungkin jawabannya serupa jika ada pertanyaan, apa yang mesti dikerjakan jika ingin menjadi seorang penyanyi.

Ya tentu jawabannya menyanyilah, dan tak lupa berlatih vokal yang baik dan benar. Begitu juga, bagaimana bila ingin menjadi penulis. Teruslah menulis, asah kemampuanmu, selain itu biasakan pula untuk membaca.

4. Reading is good, and you quotes me on that

Menurut Lee, membaca itu kegiatan yang baik, apalagi buatmu yang bercita-cita menjadi penulis. Dengan membaca, kosa katamu pun akan bertambah, pengetahuan jadi semakin luas dan mampu mendorong pikiranmu untuk berpikir kreatif.
Sehingga hasil tulisanmu nantinya lebih fresh dan berbobot.

5. I never thought that Spider-Man would become the worldwide icon that he is. I just hoped the books would sell and I’d keep my job

Ketika kamu membuat sebuah karya, sebagai penulis mula-mula mungkin kamu hanya berharap tulisanmu dibaca, disukai banyak orang dan tentunya dapat memberimu penghasilan.

Bahkan seorang seperti Stan Lee pun tak pernah menyangka, salah satu tokoh ciptaannya, Spider-Man bisa amat mendunia dan disukai banyak orang.

IG : @jastvnet
FB : jastvnet