Momen-momen saat kita kehilangan common sense.

Udah bukan rahasia lagi lah yah, kita semua pasti udah pernah ada di situasi di mana kita masuk ke toko buat beli roti ehh keluar bawa banyak makanan dan malah ngelupain si roti.

kamu pernah bertanya-tanya atau merenungkan hal ini nggak sih? Kenapa kamu bisa khilaf sampai separah itu. kamu justru beli benda yang sebenernya nggak kamu butuhkan dan bahkan nggak penting.

KENAPA? KENAPA HARUS INI YANG TERJADI? APA SALAH DAN DOSAKU? APAAAAA?? Loh kok malah jadi makin drama yah.
Baiklah, mending kita langsung cari tahu jawabannya aja

1. Diderot effect

Diderot effect adalah istilah buat situasi di mana kamu beli barang baru lalu bikin lo ngerasa barang-barang lama keliatan jelek. kamu merasa harus mengganti barang lama itu ke barang baru. Proses ini terus menerus berlangsung.

2. Snob effect

Saat lo beli sebuah barang yang nggak dibeli sama orang lain agar kamu keliatan mencolok, itu dinamakan snob effect. Banyak orang pengen banget jadi pusat perhatian dan salah satu cara yang dipakai buat dapetin itu semua adalah dengan pakai barang baru.

3. Bandwagon effect

Inilah efek yang jadi kebalikan dari snob effect. Situasi ini terjadi saat kamu beli sesuatu karena keliatan fashionable dan hampir semua orang punya barang itu. Duuh, inget loh barang itu mungkin nggak cocok sama kamu.

Jangan sampai lo nyesel karena kamu beli barang yang nggak kamu sukai cuma demi ngikutin tren.

4. Impulse buying

Banyak juga nih cewek-cewek yang sering ngalamin situasi ini. kamu lagi bad mood dan akhirnya memilih buat jalan-jalan ke mall. kamu akhirnya beli banyak barang karena kamu ngerasa punya uang lebih.

Percayalah, kebahagian yang datang dari momen belanja yang emosional itu bakal segera hilang setelah kamu sampai rumah.

5. Ketakutan

Kita sering kali ngerasa takut atau bahkan tanpa alasan. Hal ini juga terjadi saat kamu lagi di toko. Saat kamu ngeliat benda yang nggak ada dalam daftar belanjaan, kamu malah tergoda membelinya. Hal ini terjadi karena dorongan rasa takut. Yaps, kamu takut nanti kamu nggak punya uang yang cukup buat beli barang itu. Yaudah, dibeli sekarang aja.

IG : @jastvnet
FB : jastvnet